selalu semangat

hidup memang tak seindah angan
suka dan duka datang silih berganti
namun itulah hidup..
jika tiada duka,suka pun tiada artinya
semuanya harus dijalani dengan tabah dan syukur..
karena masih ada pelangi sehabis hujan..

Selasa, 26 Juni 2012

pemeriksaan Malaria

PEMERIKSAAN MALARIA
I.    DASAR TEORI
Sporozoit masuk kedalam tubuh manusia melalui gigitan nyamuk Anopheles ,dan menetap dihepatosit.plasmodium vivax,P ovale memiliki tahap dormant yang disebut hipnozoit yang menetap selama berminggu-minggu sampai beberapa tahun kemudian berkembang menjadi schizint praeritrosit.sebaliknya P. Falciparum dan P.malariae titak memiliki tahap persistent tersebut.suatu schizont praeritrosit mengandung 10.000-30.000 merozit yang di lepaskan kedalam sirkulasi dan menginveksi eritrosit.di dalam eritrosit merozoit berkembang melalui beberapa tahap ,yaitu bentuk cincin ,tropozoit dan schizont eritrosit.
Antigen malaria walaupun sangat banak jenisnya ,namun dewasa ini yang menjadi target dari immunoassay untuk mendeteksi adanya infeksi dengan parasit malaria,khususnya untuk uji diagnostic cepat (rapid diagnostic test/RDT) hanya ada beberapa saja ,yaitu histidin rich protein-1 (HRP-1) dari P.falciparum,parasite spesific lactate dehydrigenase (pLDH),dan plasmodium aldose dari parasite glycolitic pathway yang terdapat pada semua spesies.
II.    Prinsip
Immunokromatografi
III.    Metode
Deteksi Ag HRP-2
IV.    Alat & Bahan
a)    Tabung reaksi/rak,KIT reagens
b)    Darah lisis
V.    Prosedur
Ujung sample pad carik celup,dicelupkan kedalam tabung yang berisi darah penderiata yang telah dilisiskan.darah tersebut akan diisap,dan bermigrasi kearah absorbant pad.setelah terjadi perubahan warna pada gari kontrol,carik celup dikeluarkan,dan dicelupkan ketabing lain ang berisi loarutan dapar pencuci untuk membersihkan.seluruh tes selesai dalam waktu 20 menit.tes di baca dengan kasat mata,dan dilihat adanya perubahan warna ,baik pada garis pengikat(capture line) maupun garis kontrol.
VI.    Interpretasi Hasil
Tes dikatakan positif bila kedua garis tersebut memberi warna merah,dan dikatakan negatife bila hanya tampak garis merah pada line kontrol.
VII.    Kesimpulan
 dikatakan positif bila kedua garis tersebut memberi warna merah,dan dikatakan negatife bila hanya tampak garis merah pada line kontrol saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar